Pembacaan Alkitab Tgl 23 Mei 2019

Yoel 3

– Firman Tuhan datang kepada Yoel untuk memberitahukan kepada bangsa-bangsa agar bersiap-siap untuk perang, karena Tuhan akan mendatangkan kebinasaan besar atas mereka. Orang-orang yang menentang Allah dan firman-Nya akan diminta mempertanggungjawabkan dosa-dosa mereka.

– Orang percaya harus ingat bahwa segala kefasikan, pelanggaran hukum dan kejahatan hanya akan bertahan untuk waktu terbatas; umat Allah yang akhirnya akan mewarisi bumi ini.

– Semua orang didesak agar bersiap menyambut kedatangan hari Tuhan yang berarti juga hari pembalasan Tuhan. Persiapan menghadapi hari Tuhan digambarkan sama dengan menghadapi perang (9-10). Allah akan datang pada hari-Nya itu sebagai hakim, di mana bangsa-bangsa dituntut Tuhan atas kesalahan yang telah mereka lakukan (12).

– Kekuatan Tuhan pada hari Tuhan itu diibaratkan seperti singa mengaum yang siap melindungi umat-Nya (16). Pada waktu itu, tiada yang sanggup menghalangi kekuatan Tuhan, bahkan benda penerang pun menjadi tidak berguna (15).

– Saat Allah hadir, kehidupan umat-Nya akan merasakan sukacita & berkat melimpah (18). Menjadi umat Allah merupakan hak istimewa karena kita berada dalam perlindungan Allah yang berkuasa. Tak ada satu pun yang mampu “menyentuh” kita karena Dialah perisai kita.

– Di akhir zaman ini Tuhan menghendaki gerejaNya dipenuhi orang-orang yang berkemenangan & bermental pahlawan, bukan orang-orang yang kalah, lemah dan mudah tergoncang karena keadaan dunia ini. Sebuah jemaat yang melayani dengan penuh belas kasih dan rela memberikan hidupnya bagi semua bangsa, suku, bahasa & kaum, memiliki belas kasih Kristus untuk menarik orang-orang yang masih berada di dalam kegelapan & membawa mereka masuk ke dalam Kerajaan Terang.

– Mari terus belajar dan memperbaharui pikiran kita dengan mengkonsumsi makanan keras dari firman Tuhan sehingga kita mencapai kedewasaan rohani, siap berperang menjadi pahlawan, bukan menjadi bayi atau kanak-kanak terus. Suatu jemaat yang memiliki ‘hati Timotius’:” taat, tekun, dan berkomitmen kepada Tuhan Yesus, suatu jemaat yang dipimpin oleh Roh Kudus, bukan oleh kebiasaan & tradisi manusia.

– Ingatlah selalu! Meski pergumulan, penderitaan, penyakit, perusakan, pembunuhan, peperangan, permusuhan berdatangan seolah-olah menyerbu umat Allah, semuanya itu tidak dapat menghalangi kehadiran Allah untuk menjagai umatNya.

– Allah tidak pernah meninggalkan umat-Nya sendirian. IA selalu hadir menyatakan kasih dan perlindungan-Nya. Berkat & kekuatan-Nya senantiasa tersedia bagi orang-orang yang mengandalkan Dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *