Pembacaan Alkitab Tgl 13 Agustus 2019

Yohanes 9:1-12

– Pada zaman Yesus, banyak orang memandang mereka yang ditimpa penyakit & kendala fisik sebagai para pendosa yang sedang dihukum Allah. Mereka dihindari & diabaikan. Namun ketika Yesus & murid-muridNya bertemu dengan seorang pria yang buta sejak lahir, Tuhan menyatakan bahwa keadaannya bukanlah akibat dari dosa melainkan suatu kesempatan untuk melihat kuasa Allah. “Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia” (9:5). Ketika orang buta itu mengikuti perintah Yesus, ia pun dapat melihat.

– Yesus lalu mengoreksi pandangan murid-muridNya bahwa sakit penyakit dan penderitaan terjadi bukan karena dosa. Namun Tuhan bisa saja mempunyai rencana indah di balik sakit penyakit & penderitaan yang dialami manusia.

– Melalui semua tantangan & penderitaan yang ada di dalam hidup kita, pekerjaan-pekerjaan-Nya yang ajaib akan dinyatakan. Maka selama masih ada kesempatan, kita harus melakukan pekerjaan-pekerjaan Allah. Inilah yang Yesus lakukan sebagai Terang dunia dengan menyembuhkan orang buta itu, meskipun hari itu adalah hari Sabat (14).

– Mukjizat penyembuhan orang buta itu kemudian menjadi kesaksian indah bagi para tetangganya. Juga bagi orang-orang Farisi, meskipun mereka semua tidak percaya dan tetap menolak Dia.

– Hari ini kita belajar bahwa di balik sakit penyakit & penderitaan, ada rencana Tuhan yang indah di dalam hidup kita. Sebab itu, ketika sakit penyakit dan penderitaan datang menerpa kita, nantikanlah saat Tuhan bekerja dan menyatakan maksud-Nya yang indah di dalam hidup kita.

– Pada saat itu terjadi, kita mesti menyambutnya dengan penuh syukur serta berani memberikan kesaksian tentang kebesaran Tuhan kepada orang lain supaya mereka juga mengalami karya-karya Allah yang ajaib di dalam hidup mereka. Di samping itu, selama masih ada kesempatan, kita mesti melakukan pekerjaan-pekerjaan Allah agar orang lain juga mendapatkan berkat serta turut memuliakan Bapa di surga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *